Banyak Cerita Yang Berawal Dari Sebuah Modem

Sabtu, 06 Oktober 2012

Review Handphone(HP) Smartfren Extream Hotspot

19.42
Xtream hotspot merupakan handphone besutan smartfren terbaru yang didalamnya disematkan generasi terbaru dari EV-DO yang kecepatannya mencapai 3,1 Mbps. Ponsel ini didukung daya tahan baterai mencapai 4,5 jam tanpa charging.

Tentunya kelebihan Handphone Smartfren Extream Hotspot ini adalah bisa dijadikan sumber wifi atau menjadikannya hot-spot, sangat cocok bagi para penghuni kosan yang bisa patungan internet jadinya, karena dengan menggunakan hp ini bisa menampung sampai 5 pengguna internet.


Spesifikasi Handphone(HP) Smartfren Extream Hotspot
Harga             : Rp. 399.000
Jaringan          : CDMA2000-1X EV-DO Rev A Dual Band (800/1900 MHz
Koneksi          : Bluetooth, USB, Wi-Fi Hotspot (Tethering) hingga 5 pengguna
Memory          : Up to 8GB
Kamera           : Digital
Fitur lainnya     : Multimedia (MP3 dan MP4 Player), 3.5” Audio Port,  Video Recording FM Radio, Modem, facebook, twitter, yahoo. gmail
Baterry            : Battery 1200mAH

Ponsel Extream EVDO Hotspot ini memang dipasaran dibanderol dengan harga Rp. 399 ribu. Harga ini lebih mahal 100 ribu dibandingkan dengan pendahulunya yang hanya bisa internet sendirian saja. Hp ini bisa menjadi modem dan hot-spot jadi memang mahal sedikit. Cara Setting Hotspot dan setting modem Handphone(HP) Smartfren Extream Hotspot ini juga mudah kok.

Menjadi Layanan Internet CDMA Tercepat

19.29
Berita ini saya kutip dari kompas.com, bahwa smartfren akan merilis teknologi terbaru internet berkecepatan tinggi pada 2013 nanti, jujur saja, saya sendiri belum merasakan kecepatan layanan internet CDMA EV-DO Rev B milik smartfren, karena saya merasa harga modemnya masih cukup mahal.

Berikut ini kutipan berita tentang teknologi terbaru smartfren yang akan siap diadopsi pada 2013 nanti:

Operator seluler Smartfren siap membangun infrastruktur untuk menawarkan jaringan CDMA berteknologi Data Optimized Advanced (DO Advanced) pada 2013.

Teknologi DO Advanced merupakan teknologi tercanggih saat ini untuk jaringan CDMA.

Deputy CEO Smartfren Richard Tan mengatakan, pihaknya akan memutakhirkan jaringan menuju DO Advanced dalam 12 bulan mendatang. Untuk menuju ke DO Advanced, Smartfren perlu melakukan pemutakhiran perangkat lunak, dan pemutakhiran perangkat keras yang tak terlalu signifikan.

"Tantangan kami sekarang, adalah memastikan bahwa kami bisa meningkatkan kapasitas dan kecepatan data," kata Richard dalam jumpa pers CDMA Broadband Talkshow di Jakarta, Rabu (26/9/2012).

DO Advanced memungkinkan operator seluler dalam mengatur alokasi kapasitas jaringan secara dinamis. Salah satu caranya dengan teknik Network Load Balancing.

Peningkatan kapasitas dan kecepatan layanan data jelas dibutuhkan Smartfren sebagai operator seluler yang mendapat banyak laba dari pelanggan data. Tujuhpuluh persen dari total pendapat Smartfren, disumbang dari layanan data.

Tan mengatakan, saat ini Smartfren memiliki 3 juta pengguna layanan data dari total 8,5 juta pelanggan. Pada akhir tahun 2012, Smartfren menargetkan jumlah pelanggannya dapat tumbuh menjadi 10 juta.

Smartfren menjadi operator CDMA pertama di Indonesia yang meluncurkan teknologi Evolution Data Optimized (EV-DO) Revision B pada awal 2010. EV-DO Rev B menjanjikan kecepatan akses internet 14,7Mbps untuk mengunduh.

Di Indonesia, layanan GSM tumbuh lebih cepat dan stabil dibandingkan CDMA. Keterbatasan jumlah smartphone dan tablet yang mendukung jaringan CDMA, menjadi tantangan tersendiri bagi operator seluler CDMA.

Hal ini diakui oleh James Person, Chief Operating Officer CDMA Development Group (CDG). Namun, Person mengklaim, teknologi CDMA mendominasi pangsa pasar jaringan seluler di Amerika Serikat. "Pangsa pasar CDMA di Amerika Serikat adalah yang terbesar, sekitar 55%," tegasnya.

Menurut data CDG, saat ini ada 331 operator seluler di 121 negara yang menggunakan teknologi CDMA2000. Lebih dari 210 operator seluler telah memutakhirkan teknologinya ke EV-DO.

Keluhan Pelanggan Smartfren 2012

19.17

Keluhan pelanggan smartfren ini dikutip dari kompas.com, dari bulan September dan Oktober 2012.

Korupsi Ala Smartfren
24 SEPTEMBER 2012

Mungkin judul diatas terlalu ekstrim. Tetapi begitulah kenyatannya. Kekesalan saya berawal dari matinya layanan pasca bayar smartfren saya atas no 08818811*** pada tanggal 21.09.2012. Padahal saya ada keperluan urgent kantor yang harus connect intranet kantor dengan VPN . Hal ini saya adukan pada Customer service SmartFren cabang BSD pada senin 24.09.2012. Dan didapatilah kenyataan bahwa penghitungan billing untuk bulan September berubah menjadi per tanggal 21. Berubah dari bulan kemaren yang dihitung per tanggal 30.

Kagetlah saya, karena dengan hitungan 21 hari tagihan yang ada tetap, yaitu Rp 150 ribu. Tahu kan sekarang korupsinya dimana? Dalam pengaduan ini saya merasa hanya ditampung keluhan saya dikarenakan hanya dijanjikan akan ditelpon kembali. Padahal koneksi saya harus hidup soreharinya untuk penunjang kerja, saya mintakan konfirmasi ke CS. Adakah jaminan hak saya dipenuhi? Belum bisa dipastikan jawaban dari CS, saya mintakan eskalasi ke otoritas atasnya. Dengan enaknya CS membalas , tidak ada otoritas atas saya.

Dari kebijakan yang sepihak ini saya sebagai customer dirugikan banyak hal :

1. Tidak adanya konfirmasi resmi tentang cut off billing (Tidak bisa dilakukan pembenaran sudah mengirimkan sms broadcast, karena typical modem , tidak bisa dipastikan sms terkirim dan terbaca konsumen)

2. Kerugian secara material , dikarenakan dengan hitungan layanan 21 hari kita dipaksa membayar layanan 30 hari (ada selisih Rp 50 ribuan)

3. Kerugian inmaterial, dikarenakan layanan modem saya difungsikan untuk penunjang kerja( Back up layanan perusahaan saya. Dalam hal ini layanan kepada customer perusahaan saya menjadi terganggu) akibat ketidak profesionalan Smarfren.

Mohon kiranya pihak smartfren jika mempunyai kebijakan dipikirkan matang matang eksekusinya. Bagaimana cutover apakah merugikan konsumen atau tidak ? Atau memang sengaja?

arief.widodo@ai.astra.co.id
pt.astra international gedung german centre 4th floor, suite 4120 jl. kapt subijanto dj bumi serpong damai 15321 tangerang
tangerang
-----------------------------------------------------***

Smartfren Lelet
KAMIS, 27 SEPTEMBER 2012 | 15:03 WIB
Mohon kiranya untuk membantu saya menerbitkan surat keluhan di suara pembaca. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Keluhan : layanan data Judul : smartfren lelet YTH Customer care Smartfren saya adalah pengguna layanan data Anda dengan no 08811602***. Dimana saya sudah memakai layanan data anda selama 2 bulan sejak bulan 7 kemarin. Selama satu bulan awal saya sangat terbantu dengan layanan data anda yang cepat dan ekonomis.

Sayang sejak satu bulan terakhir saya mengalami kesulitan memakai jasa layanan data anda. Sayapun berinisiatif untuk ke galeri sabang sampai 2 kali untuk mengganti kartu dan sudah 2 kali modem saya ditukar baru padahal tidak ada kerusakan pada unit tersebut. Customer care galeri sabang tidak bisa membantu banyak dan saling lempar tanggungjawab atas masalah layanan data yang lelet dari Smartfren.

Alasan klise mereka adalah layanan data tergantung coverage dan jaringan. Padahal sinyal penuh dan kuota masih banyak. Saya lebih menghormati technical support mereka yang bersikap jujur bahwa memang layanan data sedang padat dan tidak sanggup melayani semua customer mereka. Mohon perhatian dan tanggungjawabnya Terima kasih.

anthony simowibowo
taman sari raya no 8
dki jakarta
-----------------------------------------------------***

Kecurangan Smartfren
RABU, 3 OKTOBER 2012 | 13:29 WIB
Saya adalah pengguna modem Smartfren CE682 dengan nomor 08817102***, dan telah berlangganan sejak Desember 2011. Tanggal (3/10), saya membeli voucher isi ulang 50 ribu di kantor Smartfren Jl Jenderal Sudirman, Salatiga. Saya berpikir, tanggal (3/10) paket internet bulanan saya habis. Lalu, sekitar pukul 00.06 WIB, saya melakukan pengisian pulsa melalui vocher Smartfren. Setelah berhasil isi pulsa, saya lakukan register langganan paket internet bulanan, yaitu paket Smartfren DataUnified Connex New Regular Monthly, dengan tarif 45 ribu per bulan. Beberapa menit kemudian (pukul 00.08 WIB), saya dapat sms yang menerangkan bahwa “Anda masih berlangganan layanan ini”. Karena masih berlangganan, saya lanjutkan browsing. Kurang lebih satu jam kemudian, ada sms pemberitahuan di modem, yang menerangkan bahwa pulsa saya Rp. 0,.

Saya coba hubungi call center Smartfren 888, tapi tidak ada jawaban. Paginya, saya mendatangi kantor Smartfren Jl. Jenderal Sudirman Salatiga, meminta penjelasan kejadian yang saya alami. Customer service (Sdr. Bayu), menjelaskan bahwa saya sudah tidak berlangganan paket internet pukul 01. 23 WIB, sehingga otomatis pulsa regular Rp 50 ribu tersedot. Padahal, tidak ada sms yang menyatkan bahwa masa langganan saya telah habis? Satu jam sebelumnya saya justru dinyatakan masih berlangganan. Kecurangan Smartfren di sini adalah membiarkan pelanggan dalam ketidaktahuan. Jika paket internet bulanan habis, kenapa tidak ada pemberitahuan? Apakah etis mengambil pulsa regular secara sepihak? Bukankah ini masuk kategori pencurian pulsa. Dari penelusuran saya di google, kaskus dan surat pembaca, kejadian ini ternyata menimpa banyak orang.

Pertanyaan saya adalah, kenapa tidak ada pemberitahuan online jika paket internet habis. Dan jika telah merugikan banyak orang, kenapa tidak ada pencegahan yang dilakukan Smartfren dengan memberikan himbauan di buku pentujuk tentang konsekuensi pelanggan yang paket internetnya habis akan otomatis menyedot pulsa reguler. Bercermin dari kejadian tersebut, saya menghimbau pengguna modem Smartfren, pertama, jangan melakukan pengisian pulsa sebelum pulsa atau masa paket internet habis, karena otomatis akan menyedot pulsa reguler. Kedua, kepada Smartfren saya menghimbau semoga masalah klasik ini segera diatasi melalui perbaikan sistem demi tetap menjaga kepercayan publik terhadap Smartfren.

Gery Sulaksono, S.Sos.
Jl. Brigjend Sudiarto 16 Salatiga
Salatiga
----------------------------------------------------***

Smart Fren Anti Lelet Hanya Slogan
RABU, 3 OKTOBER 2012 | 13:24 WIB
Saya punya 2 ticket keluhan 2012090914369847 dan 2012091914451781. Sampai hari ini 02 Oktober 2012 speed yang saya dapat sangat tidak memuaskan hanya sekitaran 384Kbps. Padahal paket yang saya apply super pro. Ini sangat tidak masuk akal. Mana slogan Anti Lelet smartfren apa cuma slogan semata? Saya pikir seharusnya ada pembagian prioritas antara pascabayar dengan prabayar. Lalu apa bedanya paket saya dengan paket 50RB kalo yang saya dapat sangat-sangat tidak memuaskan dan sudah lebih dari 1 bulan speed yang saya dapat jauh dari ekspektasi saya? Jawaban Yang saya terima dari CS: Sehubungan dengan email yang Bapak kirimkan terkait kendala akses data. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Dapat kami informasikan bahwa setelah kami melakukan pemeriksaan pada nomor laporan Bapak 2012090914369847 dan 2012091914451781, bahwa tim terkait kami telah melakukan pengecekan pada lokasi Bapak dan mendapatkan kondisi penggunaan akses internet yang cukup tinggi yang menyebabkan kendala akses internet yang Bapak alami. Dan keluhan ini telah diteruskan kepada bagian terkait kami agar secepatnya aktivitas ini terselesaikan dan Bapak dapat beraktifitas kembali dengan normal. Kami akan terus mencoba untuk meningkatkan layanan demi melayani kebutuhan Bapak yang lebih baik.

Jadi: Tidak masuk akal buat saya dimana saya sebagai pelanggan pasca bayar serasa pelanggan prabayar? Apa memang di smartfren tidak ada system Priority antara pasca bayar dengan prabayar? Lalu jika dibilang status daerah saya sedang High Traffic, hari ini saya bawa modem saya ke area sudirman hasilnya sama. Speednya lelet hanya 512Kbps apa mau anda bilang area sudirman juga High Traffic, beberapa minggu lalu saya bawa ke area Depok hasilnya sama speed sangat tidak masuk akal. Saya mau pihak smartfren dapat membenahi system priority dimana pascabayar dan prabayar dapat kenyaman sesuai dengan paket yang diambil, jangan hanya mencari pelanggan sebanyak-banyaknya tanpa ada kualitasnya.

Mohammad Syukron
KP. maruga No. 1027 Rt004/06
Tangerang Selatan

Penguat Sinyal Modem

19.00
Iseng karna modem smartfren saya lemot, akhirnya iseng bikin penguat sinyal modem, dari beberapa forum, memberitahukan, bahwa cara membuat pengual sinyal modem ialah dengan memotong kaleng alumunium bekas minuman membuka bagian bawah lalu dililitkan ke modem serta bagian atas, yang dibuat seperti antena televisi.

Namun karna saya merasa ribet untuk membuat seperti itu, maka saya membuat penguat sinyal untuk modem smartfren saya hanya seperti ini :




About Us

Recent

Random