Call Forwarding
Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggilan yang masuk dari nomor ponselnya ke nomor lain yang dikehendaki.
Ada 4 jenis pilihan kondisi untuk fitur ini sehingga untuk melakukan Call Forwarding, pelanggan Smartfren dapat memilih salah satu kondisi yang diinginkan :
1. Call Forwarding Unconditional
Setiap panggilan yang masuk secara otomatis akan dialihkan ke nomor lain, baik pada saat kondisi nomor pelanggan sedang aktif, tidak aktif (power off), sibuk (busy), tidak terjawab (no answer) dan diluar jangkauan (not reachable). Jika anda memilih jenis ini, ponsel anda tidak akan pernah berdering jika ada panggilan masuk, karena panggilan akan langsung dialihkan walaupun ponsel aktif/stand by.
2. Call Forwarding Default
Panggilan yang masuk akan dialihkan ke nomor lain jika kondisi nomor pelanggan sedang sibuk (busy) atau tidak terjawab (no answer). Jika anda memilih jenis ini, jika ponsel anda aktif/stand by maka ponsel anda akan berdering beberapa kali, jika tidak terjawab baru akan dialihkan ke nomor lain.
3. Call Forwarding Busy
Panggilan yang masuk akan dialihkan ke nomor lain jika kondisi nomor pelanggan sedang sibuk (busy).
4. Call Forwarding No Answer.
Panggilan yang masuk akan dialihkan ke nomor lain jika tidak terjawab (no answer).
Cara pemakaian :
Call Forwarding Unconditional.
Untuk mengaktifkan :
Tekan *71 + nomor tujuan, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *7108811210000
Untuk me-non aktifkan :
Tekan *710, lalu tekan tombol pada ponsel.
Call Forwarding Default
Untuk mengaktifkan :
Tekan *72 + nomor tujuan, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *7208811210000
Untuk me-non aktifkan :
Tekan *720, lalu tekan tombol pada ponsel.
Call Forwarding Busy
Untuk mengaktifkan :
Tekan *73 + nomor tujuan, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *7308811210000
Untuk me-non aktifkan :
Tekan *730, lalu tekan tombol pada ponsel.
Call Forwarding No Answer
Untuk mengaktifkan :
Tekan *74 + nomor tujuan, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *7408811210000
Untuk me-non aktifkan :
Tekan *740, lalu tekan tombol pada ponsel.
Atau anda dapat membatalkan semua jenis Call Forward dengan menekan *700, lalu tekan tombol pada ponsel.
Biaya :
Pelanggan akan dikenakan biaya panggilan ke nomor alihan berdasarkan biaya percakapan sepanjang pembicaraan telepon masuk.
Syarat dan ketentuan lain :
- Pelanggan Smartfren dapat melakukan pengalihan ke nomor Smartfren atau operator lain.
- Semua pelanggan Smartfren (Pra Bayar dan Pasca Bayar) dapat menikmati fitur ini.
- Tidak diperlukan registrasi untuk menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar dari produk Smartfren, namun untuk mengaktifkan/menon-aktfkan fitur ini pelanggan tetap diharuskan menekan kode fitur sesuai dengan petunjuk cara pemakaian.
Call Waiting
Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk menjawab panggilan lain yang masuk pada saat sedang melakukan percakapan. Jika layanan ini diaktifkan, pada saat pelanggan sedang melakukan percakapan dan secara bersamaan ada panggilan lain yang masuk ke ponsel pelanggan, maka akan ditandai dengan bunyi bip dan dilayar ponsel pelanggan akan muncul nomor atau nama pemanggil dalam posisi menunggu (hold) sampai dengan pelanggan mengangkat panggilan tersebut.
Cara pemakaian :
Untuk mengaktifkan :
Tekan *40, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *40
Untuk me-non aktifkan :
Tekan *400, lalu tekan tombol pada ponsel.
Untuk mengangkat panggilan lain dan menahan panggilan yang pertama atau sebaliknya, tekan 1 kali tekan tombol pada ponsel.
Biaya :
Tidak ada biaya yang dikenakan untuk menikmati fitur ini.
Syarat dan ketentuan lain :
Semua pelanggan Smartfren (Pra Bayar dan Pasca Bayar) dapat menikmati fitur ini.
Call Me
Fitur ini memungkinkan pelanggan Smartfren untuk melakukan permintaan panggilan dari pelanggan lain, baik ke sesama pelanggan Smartfren maupun ke operator lain di Indonesia.
Layanan ini sangat bermanfaat bagi pelanggan terutama pada saat keadaan penting dimana pelanggan harus menghubungi keluarga, teman, kerabat atau sahabat tetapi pada saat itu kondisi pulsa pelanggan tidak mencukupi untuk melakukan panggilan, dikarenakan fitur ini dapat digunakan oleh pelanggan dengan gratis atau tanpa biaya apapun.
Cara pemakaian :
Pelanggan Smartfren dapat menggunakan layanan Call Me dengan melakukan panggilan ke short code 311, dengan format sebagai berikut :
Tekan *311*+ nomor tujuan, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *311*08811210000 atau *311*02150100000
Jika permintaan Call Me sudah dikirimkan ke nomor yang dituju, pelanggan akan menerima pesan SMS notifikasi dari short code 311 :
“Permintaan Call Me sudah terkirim ke (nomor tujuan)”
Untuk nomor yang dituju akan menerima pesan SMS notifikasi dari nomor pengirim sebagai berikut :
“Call Me : Pelanggan 088xxxxxxxx/021501xxxxx meminta untuk dihubungi sekarang”
Biaya :
Untuk penggunaan layanan Call Me, pelanggan Smartfren tidak dikenakan biaya apapun (gratis), dengan mengacu kepada syarat dan ketentuan yang berlaku.
Syarat dan ketentuan lain :
- Layanan Call Me dapat digunakan untuk melakukan permintaan panggilan ke sesama pelanggan Smartfren dan operator lain di Indonesia (tidak berlaku untuk operator internasional).
- Semua pelanggan Smartfren (Pra Bayar dan Pasca Bayar) dapat menikmati fitur ini.
- Tidak diperlukan registrasi untuk menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar dari produk Smartfren, namun untuk menggunakan fitur ini pelanggan tetap diharuskan menekan kode fitur sesuai dengan format pada petunjuk cara pemakaian.
- Pelanggan dapat menggunakan layanan ini, maksimal 5 kali permintaan dalam sehari.
- Pelanggan dapat menggunakan layanan Call Me dengan kondisi nomor pelanggan dalam kondisi status aktif (tidak dalam kondisi suspend).
Call Conference
Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk dapat melakukan panggilan dan pembicaraan ke lebih dari 1 nomor dalam waktu yang bersamaan.
Dengan adanya fitur ini pelanggan Smartfren diberikan kemudahan untuk menghemat waktu di dalam melakukan pembicaraan dengan beberapa orang dan mempermudah dalam melakukan koordinasi dalam pekerjaan.
Cara Pemakaian :
Setelah pelanggan (inisiator) menghubungi dan terhubung dengan panggilan pertama, untuk melakukan panggilan berikutnya (panggilan ke-2 s/d panggilan ke-6), pelanggan dapat mengikuti 2 langkah berikut :
1. Tekan *22 + nomor tujuan, lalu tekan tombol /yes/call pada ponsel.
Contoh : *2208881850000 /yes/call
2. Setelah terhubung (diangkat) oleh nomor tujuan, tekan kembali tombol untuk menghubungkan percakapan dengan panggilan yang sudah terhubung sebelumnya.
Lakukan langkah tersebut diatas, untuk melakukan panggilan yang ke-3 dan seterusnya.
Biaya :
Pelanggan akan dikenakan biaya sesuai nomor tujuan yang dipanggil dengan biaya percakapan sesuai tarif regular yang berlaku dan akan dibebankan kepada inisiator .
Contoh : Jika inisiator melakukan panggilan sebanyak 5 kali (berbicara dengan 5 orang dalam 1 conference) selama 10 menit, maka akan dikenakan biaya sebanyak 5 kali X 10 menit X tarif yang berlaku sesuai nomor tujuan.
Syarat dan ketentuan lain :
- Conference Call hanya dapat dilakukan oleh inisiator / penelepon pertama.
- Maksimal party untuk Conference Call adalah sebanyak 6 party (termasuk inisiator).
- Untuk panggilan Conference Call, pelanggan dapat melakukan panggilan ke sesama pelanggan Smartfren atau operator lain.
CLIR
Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk menyembunyikan identitas nomor ponselnya pada saat melakukan panggilan ke nomor lain, sehingga nomor yang dituju tidak dapat mengetahui identitas nomor penelpon.
Dengan menggunakan layanan ini, pelanggan akan mendapatkan privasi terhadap nomor pelanggan agar tidak diketahui oleh nomor tujuan.
Cara pemakaian :
1.
Temporary CLIR
Tekan *23 + nomor tujuan, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *2308881850000 atau *2302150100000
Catatan : Apabila panggilan dilakukan tanpa *23, maka nomor /identitas nomor Smartfren anda akan muncul di layar panggilan.
2.
Permanent CLIR
Hubungi call center 888 atau galeri Smartfren terdekat untuk mengaktifkan fitur ini. Apabila anda mengaktifkan fitur permanen CLIR, maka setiap anda melakukan panggilan (tanpa *23 diawal nomor yang dipanggil), identitas nomor anda tidak akan muncul di layar penerima panggilan.
Biaya :
Pelanggan akan dikenakan biaya berdasarkan biaya percakapan yang berlaku, sepanjang pelanggan melakukan panggilan pembicaraan.
Syarat dan ketentuan lain :
- Layanan ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan ke sesama pelanggan Smartfren atau operator lain.
- Layanan ini dapat berfungsi bergantung kepada jaringan operator lain sesuai nomor tujuan, jika tidak diperbolehkan oleh jaringan operator lain, maka identitas penelpon akan tetap muncul pada nomor yang dituju, seperti layaknya panggilan normal.
- Untuk sementara fitur CLIR baru dapat dinikmati oleh pelanggan Smartfren Pra Bayar dan Pasca Bayar dengan nomor berawalan 0887, 0888, 0889, dan nomor lokal (FWA).
- Pihak Smartfren secara sepihak berhak untuk melakukan pemblokiran atau pembatalan layanan ini terhadap nomor pelanggan yang bersangkutan, apabila di suatu hari mendapatkan laporan dari pelanggan lain/pihak berwajib mengenai penyalahgunaan fitur ini oleh pelanggan untuk keperluan yang menyimpang dengan hukum.
SMS (Short Message Service)
adalah layanan pesan singkat berupa text dengan maksimal 160 huruf atau karakter (termasuk tanda baca dan spasi) per pengiriman. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat tertulis.
Cara pemakaian :
Untuk pengiriman/penerimaan pesan SMS pelanggan dapat masuk ke menu pesan, lalu pilih menu SMS pada ponsel.
Biaya :
Untuk SMS akan dikenakan biaya per 160 karakter (termasuk tanda baca dan spasi) dan akan dikenakan sesuai dengan biaya yang berlaku, untuk SMS ke sesama Smartfren (On-net), operator lain (Off-net), dan Content Provider (SMS Premium).
Syarat dan ketentuan lain :
- Tidak diperlukan registrasi untuk menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar dari produk Smartfren.
- Semua pelanggan Smartfren (Pra Bayar dan Pasca Bayar) dapat menikmati fitur ini.
- Layanan ini dapat digunakan untuk mengirim/menerima pesan SMS ke sesama pelanggan Smartfren dan operator lain.
Long SMS
Fitur ini memungkinkan pelanggan Smartfren untuk melakukan pengiriman/penerimaan pesan SMS dengan karakter melebihi dari 160 karakter.
Cara pemakaian :
Ada 2 cara untuk mengaktifkan/menon-aktifkan Long SMS, yaitu sebagai berikut :
1. Melalui SMS
Untuk mengaktifkan :
Ketik ON, kirim ke short code 261.
Untuk me-non aktifkan :
Ketik OFF, kirim ke short code 261.
2. Melalui USSD like
Untuk mengaktifkan :
Tekan *261, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *261
Untuk me-non aktifkan :
Tekan *2610, lalu tekan tombol pada ponsel.
Contoh : *261
3. Melalui Customer Care
Untuk mengaktifkan/menon-aktifkan layanan ini, pelanggan juga dapat menghubungi customer care atau mendatangi gallery Smartfren terdekat.
Untuk menikmati service ini, ponsel pelanggan harus sudah support untuk service Long SMS. Saat ini ponsel CDMA yang sudah support untuk Long SMS dan beredar di pasaran adalah sebagai berikut :
- Alcatel TCL E781A (Smartfren XStream)
- ZTE Blade N880 (Smartfren Android Wide)
- K-Touch E329
- Haier C330 (Smartfren Enduro)
- Haier C380 (Smartfren ZIP)
- I-Mobile Hitz 181 (Fren Hitz)
- I-Mobile Hitz 182 (Smart Hitz)
- Nexian E651 (Smart Mobinova)
Biaya :
Untuk SMS akan dikenakan biaya per 160 karakter (termasuk tanda baca dan spasi) dan akan dikenakan sesuai dengan biaya yang berlaku, untuk SMS ke sesama Smartfren (On-net), operator lain (Off-net), dan Content Provider (SMS Premium).
Syarat dan ketentuan lain :
- Tidak diperlukan registrasi untuk menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar dari produk Smartfren.
- Semua pelanggan Smartfren (Pra Bayar dan Pasca Bayar) dapat menikmati fitur ini.
- Layanan ini dapat digunakan untuk mengirim/menerima pesan SMS ke sesama pelanggan Smartfren dan operator lain.
- Ponsel pelanggan sudah support untuk fitur Long SMS.
MMS
Adalah sebuah standar layanan pesan telepon yang memungkinkan untuk mengirim pesan yang mengandung objek multimedia. Dengan fitur ini pelanggan dapat mengirimkan pesan multimedia seperti gambar, audio, video, dan rich text.
Untuk menikmati service ini, ponsel pelanggan harus sudah support untuk service MMS. Saat ini ponsel CDMA yang sudah support untuk MMS Smartfren dan beredar di pasaran adalah sebagai berikut :
- Alcatel TCL E781A (Smartfren XStream) *)
- ZTE Blade N880 (Smartfren Android Wide) *)
- ZTE N75
- K-Touch E329
- Haier C380 Generic Version (Smartfren ZIP) *)
Cara Pemakaian :
Untuk pengiriman/penerimaan pesan MMS pelanggan dapat masuk ke menu pesan, lalu pilih menu MMS pada ponsel. Ukuran file maksimal untuk pengiriman/penerimaan pesan MMS adalah sebesar 300 KB.
Catatan :
Pastikan ponsel anda sudah terkonfigurasi dengan benar untuk service MMS Smartfren, anda dapat memeriksanya di petunjuk penggunaan atau brosur spesifikasi ponsel anda. Adapun untuk parameter konfigurasi manual service MMS Smartfren adalah sebagai berikut :
Server name : Smartfren
WAP Proxy : 10.17.27.250
Connect via : WAP Smartfren
Port number : 8080
Server address : http://mmsc-jkt.smart-telecom.co.id (untuk nomor Smartfren berawalan 0881, 0882)
http://mmsc2.smartfren.com (untuk nomor Smartfren berawalan 0887, 0888, 0889)
Security : Off
Data account : Smartfren
User name : smartfren
Password : smartfren
*) Konfigurasi parameter MMS sudah di set secara default untuk service MMS Smartfren.
Biaya :
Biaya yang berlaku untuk service MMS Smartfren saat ini (Prepaid & Postpaid) adalah sebagai berikut :
Upload (kirim MMS) : Rp.500.- / 100 KB (termasuk PPN)
Download (terima MMS) : Rp.0.-
Biaya tersebut di atas berlaku untuk service MMS On-net dan Off-net (OLO).
Syarat dan ketentuan lain :
1. Tidak diperlukan registrasi untuk menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar dari produk Smartfren
2. Semua pelanggan Smartfren (Pra Bayar dan Pasca Bayar) dapat menikmati fitur ini.
3. Untuk saat ini provider operator yang sudah dapat mengirimkan/menerima pesan MMS operator Smartfren adalah sebagai berikut:
Nomor berawalan :
- 0881, 0882 : Sesama Smartfren, Telkomsel, XL Axiata, Indosat.
- 0887, 0888, 0889 : Sesama Smartfren, Telkomsel.
4. Untuk sementara service MMS Smartfren hanya dapat dinikmati oleh pelanggan seluler dengan nomor berawalan 0881, 0882, 0887, 0888, dan 0889.
5. Resolusi file MMS pada saat pelanggan smartfren menerima pesan MMS akan otomatis menyesuaikan ukuran besaran maksimal yang berlaku pada ponsel pelanggan. Namun apabila gambar terlalu besar dan ponsel gagal menyesuaikan resolusinya, maka gambar tersebut tidak akan bisa ditampilkan di ponsel tersebut dengan atau tanpa notifikasi.
6. Untuk melakukan pengiriman/penerimaan pesan MMS, status nomor pelanggan harus dalam keadaan aktif. Pelanggan dengan status grace tidak dapat melakukan pengiriman/ penerimaan pesan MMS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar