Banyak Cerita Yang Berawal Dari Sebuah Modem

Sabtu, 06 Oktober 2012

Keluhan Pelanggan Smartfren 2012


Keluhan pelanggan smartfren ini dikutip dari kompas.com, dari bulan September dan Oktober 2012.

Korupsi Ala Smartfren
24 SEPTEMBER 2012

Mungkin judul diatas terlalu ekstrim. Tetapi begitulah kenyatannya. Kekesalan saya berawal dari matinya layanan pasca bayar smartfren saya atas no 08818811*** pada tanggal 21.09.2012. Padahal saya ada keperluan urgent kantor yang harus connect intranet kantor dengan VPN . Hal ini saya adukan pada Customer service SmartFren cabang BSD pada senin 24.09.2012. Dan didapatilah kenyataan bahwa penghitungan billing untuk bulan September berubah menjadi per tanggal 21. Berubah dari bulan kemaren yang dihitung per tanggal 30.

Kagetlah saya, karena dengan hitungan 21 hari tagihan yang ada tetap, yaitu Rp 150 ribu. Tahu kan sekarang korupsinya dimana? Dalam pengaduan ini saya merasa hanya ditampung keluhan saya dikarenakan hanya dijanjikan akan ditelpon kembali. Padahal koneksi saya harus hidup soreharinya untuk penunjang kerja, saya mintakan konfirmasi ke CS. Adakah jaminan hak saya dipenuhi? Belum bisa dipastikan jawaban dari CS, saya mintakan eskalasi ke otoritas atasnya. Dengan enaknya CS membalas , tidak ada otoritas atas saya.

Dari kebijakan yang sepihak ini saya sebagai customer dirugikan banyak hal :

1. Tidak adanya konfirmasi resmi tentang cut off billing (Tidak bisa dilakukan pembenaran sudah mengirimkan sms broadcast, karena typical modem , tidak bisa dipastikan sms terkirim dan terbaca konsumen)

2. Kerugian secara material , dikarenakan dengan hitungan layanan 21 hari kita dipaksa membayar layanan 30 hari (ada selisih Rp 50 ribuan)

3. Kerugian inmaterial, dikarenakan layanan modem saya difungsikan untuk penunjang kerja( Back up layanan perusahaan saya. Dalam hal ini layanan kepada customer perusahaan saya menjadi terganggu) akibat ketidak profesionalan Smarfren.

Mohon kiranya pihak smartfren jika mempunyai kebijakan dipikirkan matang matang eksekusinya. Bagaimana cutover apakah merugikan konsumen atau tidak ? Atau memang sengaja?

arief.widodo@ai.astra.co.id
pt.astra international gedung german centre 4th floor, suite 4120 jl. kapt subijanto dj bumi serpong damai 15321 tangerang
tangerang
-----------------------------------------------------***

Smartfren Lelet
KAMIS, 27 SEPTEMBER 2012 | 15:03 WIB
Mohon kiranya untuk membantu saya menerbitkan surat keluhan di suara pembaca. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Keluhan : layanan data Judul : smartfren lelet YTH Customer care Smartfren saya adalah pengguna layanan data Anda dengan no 08811602***. Dimana saya sudah memakai layanan data anda selama 2 bulan sejak bulan 7 kemarin. Selama satu bulan awal saya sangat terbantu dengan layanan data anda yang cepat dan ekonomis.

Sayang sejak satu bulan terakhir saya mengalami kesulitan memakai jasa layanan data anda. Sayapun berinisiatif untuk ke galeri sabang sampai 2 kali untuk mengganti kartu dan sudah 2 kali modem saya ditukar baru padahal tidak ada kerusakan pada unit tersebut. Customer care galeri sabang tidak bisa membantu banyak dan saling lempar tanggungjawab atas masalah layanan data yang lelet dari Smartfren.

Alasan klise mereka adalah layanan data tergantung coverage dan jaringan. Padahal sinyal penuh dan kuota masih banyak. Saya lebih menghormati technical support mereka yang bersikap jujur bahwa memang layanan data sedang padat dan tidak sanggup melayani semua customer mereka. Mohon perhatian dan tanggungjawabnya Terima kasih.

anthony simowibowo
taman sari raya no 8
dki jakarta
-----------------------------------------------------***

Kecurangan Smartfren
RABU, 3 OKTOBER 2012 | 13:29 WIB
Saya adalah pengguna modem Smartfren CE682 dengan nomor 08817102***, dan telah berlangganan sejak Desember 2011. Tanggal (3/10), saya membeli voucher isi ulang 50 ribu di kantor Smartfren Jl Jenderal Sudirman, Salatiga. Saya berpikir, tanggal (3/10) paket internet bulanan saya habis. Lalu, sekitar pukul 00.06 WIB, saya melakukan pengisian pulsa melalui vocher Smartfren. Setelah berhasil isi pulsa, saya lakukan register langganan paket internet bulanan, yaitu paket Smartfren DataUnified Connex New Regular Monthly, dengan tarif 45 ribu per bulan. Beberapa menit kemudian (pukul 00.08 WIB), saya dapat sms yang menerangkan bahwa “Anda masih berlangganan layanan ini”. Karena masih berlangganan, saya lanjutkan browsing. Kurang lebih satu jam kemudian, ada sms pemberitahuan di modem, yang menerangkan bahwa pulsa saya Rp. 0,.

Saya coba hubungi call center Smartfren 888, tapi tidak ada jawaban. Paginya, saya mendatangi kantor Smartfren Jl. Jenderal Sudirman Salatiga, meminta penjelasan kejadian yang saya alami. Customer service (Sdr. Bayu), menjelaskan bahwa saya sudah tidak berlangganan paket internet pukul 01. 23 WIB, sehingga otomatis pulsa regular Rp 50 ribu tersedot. Padahal, tidak ada sms yang menyatkan bahwa masa langganan saya telah habis? Satu jam sebelumnya saya justru dinyatakan masih berlangganan. Kecurangan Smartfren di sini adalah membiarkan pelanggan dalam ketidaktahuan. Jika paket internet bulanan habis, kenapa tidak ada pemberitahuan? Apakah etis mengambil pulsa regular secara sepihak? Bukankah ini masuk kategori pencurian pulsa. Dari penelusuran saya di google, kaskus dan surat pembaca, kejadian ini ternyata menimpa banyak orang.

Pertanyaan saya adalah, kenapa tidak ada pemberitahuan online jika paket internet habis. Dan jika telah merugikan banyak orang, kenapa tidak ada pencegahan yang dilakukan Smartfren dengan memberikan himbauan di buku pentujuk tentang konsekuensi pelanggan yang paket internetnya habis akan otomatis menyedot pulsa reguler. Bercermin dari kejadian tersebut, saya menghimbau pengguna modem Smartfren, pertama, jangan melakukan pengisian pulsa sebelum pulsa atau masa paket internet habis, karena otomatis akan menyedot pulsa reguler. Kedua, kepada Smartfren saya menghimbau semoga masalah klasik ini segera diatasi melalui perbaikan sistem demi tetap menjaga kepercayan publik terhadap Smartfren.

Gery Sulaksono, S.Sos.
Jl. Brigjend Sudiarto 16 Salatiga
Salatiga
----------------------------------------------------***

Smart Fren Anti Lelet Hanya Slogan
RABU, 3 OKTOBER 2012 | 13:24 WIB
Saya punya 2 ticket keluhan 2012090914369847 dan 2012091914451781. Sampai hari ini 02 Oktober 2012 speed yang saya dapat sangat tidak memuaskan hanya sekitaran 384Kbps. Padahal paket yang saya apply super pro. Ini sangat tidak masuk akal. Mana slogan Anti Lelet smartfren apa cuma slogan semata? Saya pikir seharusnya ada pembagian prioritas antara pascabayar dengan prabayar. Lalu apa bedanya paket saya dengan paket 50RB kalo yang saya dapat sangat-sangat tidak memuaskan dan sudah lebih dari 1 bulan speed yang saya dapat jauh dari ekspektasi saya? Jawaban Yang saya terima dari CS: Sehubungan dengan email yang Bapak kirimkan terkait kendala akses data. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Dapat kami informasikan bahwa setelah kami melakukan pemeriksaan pada nomor laporan Bapak 2012090914369847 dan 2012091914451781, bahwa tim terkait kami telah melakukan pengecekan pada lokasi Bapak dan mendapatkan kondisi penggunaan akses internet yang cukup tinggi yang menyebabkan kendala akses internet yang Bapak alami. Dan keluhan ini telah diteruskan kepada bagian terkait kami agar secepatnya aktivitas ini terselesaikan dan Bapak dapat beraktifitas kembali dengan normal. Kami akan terus mencoba untuk meningkatkan layanan demi melayani kebutuhan Bapak yang lebih baik.

Jadi: Tidak masuk akal buat saya dimana saya sebagai pelanggan pasca bayar serasa pelanggan prabayar? Apa memang di smartfren tidak ada system Priority antara pasca bayar dengan prabayar? Lalu jika dibilang status daerah saya sedang High Traffic, hari ini saya bawa modem saya ke area sudirman hasilnya sama. Speednya lelet hanya 512Kbps apa mau anda bilang area sudirman juga High Traffic, beberapa minggu lalu saya bawa ke area Depok hasilnya sama speed sangat tidak masuk akal. Saya mau pihak smartfren dapat membenahi system priority dimana pascabayar dan prabayar dapat kenyaman sesuai dengan paket yang diambil, jangan hanya mencari pelanggan sebanyak-banyaknya tanpa ada kualitasnya.

Mohammad Syukron
KP. maruga No. 1027 Rt004/06
Tangerang Selatan

6 komentar:

  1. TERNYATA SMARTFREN LELET

    Nama saya Sujianto, dari Lampung Tengah.
    saya menggunakan perangkat Smartfren sejak tahun 2009, pertama saya gunakan HP ZTE C261, kemudian saya lanjutkan dengan Modem 200 ribuan, selanjutnya saya gunakan Smartfren Xtre@m dan sekarang saya menggunakan andromax-i. untuk yang terakhir ini saya merasa kecewa karena andromax-i bila digunakan sebagai modem di komputer (menggunakan kabel ataupun tanpa kabel) ternyata susah. untuk connecting susah. kakalu sudah terhubung, kecepatannya rendah dan tahu tahu terputus sendiri.
    diantara perangkat yang sudah saya gunakan, saya paling puas menggunakan smartfren Ekstrem. dan paling kecewa ketika menggunakan andromax-i. saya menghargai bilamana blogger ini benar-benar dapat memfasilitasi keluhan ini kepada pihak smartfren untuk mendapatkan konfirmasi dan informasi yang jelas.
    sampai sekarang semua perangkat saya masih difungsikan (masih aktif)
    088268044605
    088268154094
    08877032563
    08876616574
    email : sujianto@smart.co.id

    BalasHapus
  2. Smartfren sangat tidak memuaskan pelanggannya
    tanggal 6 pebruari saya membeli produk smartfren new andro tab 7 di counter gadjet jakarta , dengan kondisi barang masih tersegel (diperlihatkan di depan saya) diberitahukan oleh pihak penjual bahwa kartu nya sdh teraktivasi jd tinggal pake saja , dan untuk mendapatkan paket bonus 2 gb nya saya diberitahukan setelah sy mengisi pulsa 50rb. setelah bbrp hari saya hendak memakai bonus quota itu,, lalu sy isikan pulsa 50 rb kemudian saya pergunakan untuk browsing krn dr promosinya nilai 2gb itu akan sy dapat stlh saya isi pulsa (dan pulsa yg 50rb tdk akan terpakai krn sy tdk sy daftarkan utk beli paket) dengan maksud mau sy pake bonusnya saja. walhasil setelah saya pake browsing dan pulsa saya ternyata pulsa sy terpakai dgn sisa pulsa 19 rb. sy laporkan kepada CS smartfren namun apa yg sy dapat , mereka ngotot bilang kalo nomor kartu saya sdh teraktivasi sejak bulan desember katanya..... bagaimana bisa ??? sy beli produknya saja tgl 6 pebruari 2013 (bon pembelian ada) dan waktu saya beli di counter itu saya diperlihatkan dgn jelas oleh penjualnya bahwa new androtab 7 saya masih tersegel dgn utuh....dan saya sampai masalah ini timbul saya sdh konfirmasi penjualnya dan dia merasa ga terima bahkan dia pun sangat kecewa oleh pihak smartfren yg melempatrkan kasalahan kpd penjual. bahkan dia bilang kalo dia jg sering dikecewakan pihak smatfren sehingga banyak pelanggannya yang mengeluh karena ada hal2 serupa yg komplain masalah kehilangan kuota internetnya.... apakah sudah koruptor di kuota internet di perusahaan smartfren ini????? sehingga banyak konsumen komplain dan tanggapannya hanya dikembalikan kepada konsumen...seolah2 kasalahan itu dari kami datangnya ....jangan bicara system , kalo system anda (smartfren) tidak bisa mengatasi masalah pelanggannya.

    BalasHapus
  3. CARA MEMPERCEPAT AKSES INTERNET DENGAN MODEM SMARTFREN,AWAS JANGAN TERTIPU PROMOSI SMARTFREN DENGAN IMING IMING AKSES INTERNET UNLIMITED SELAMA 3 BULAN DENGAN KECEPATAN UP TO 3,1 MB. PIKIR DULU BAIK BAIK SEBELUM MEMBELI MODEM SMARTFREN.
    SEJAK PERTENGAHAN TAHUN 2013 INI, TARIF SMARTFREN SEMAKIN MAHAL, DARI DAFTAR TARIF TERTULIS Rp.50.000 dapat 2 GIGA/BLN UNTUK KUOTA. TAPI TERNYATA BELUM SAMPAI 2 GIGA LEMOTNYA MINTA AMPUN. MENYESAL SEKALI SAYA TELAH MEMBELI MODEM SMARTFREN. PERCUMA JUGA PAKAI MODEM REV-B. SARAN SAYA UNTUK REKAN REKAN, SEBAIKNYA GANTI OPERATOR LAIN SAJA. DARI PADA NYESEK, NGEDUMEL GAK KARUAN. ampun deh..!!

    BalasHapus
  4. smartfren sekarang sering ganti2 tarif paket, baik internet maupun bicara tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. dulu tarif telpon ke sesama gratis alias nol. terus peraturan berubah jadi max Rp. 3000 /hr (yang berarti tarif bicara ke sesama maksimum 3000, setelah lebih dari itu tidak dikenakan tarif lagi). sedangkan sekarang tarif bicara smartfen jadi Rp. 5/detik, tanpa ad batas maksimum ( artinya kalo telpon bisa saja pulsa kepakai semua). kemarin saya telpon sama istri, sehari hampir Rp.50.000. baru sadar kalo tarif berubah setelah pulsa habis. smartfren emang smart mengambil pulsa saya. hadehhhhh

    BalasHapus
  5. Smartfren nipu... internet gak bisa... streamibg gak bisa... you tube gak bisa.. dan kuota trus habis.. aneh..
    telp ke customer service gak ada tanggapan.. parahhhh kecewa

    BalasHapus
  6. Smartfren nipu... internet gak bisa... streamibg gak bisa... you tube gak bisa.. dan kuota trus habis.. aneh..
    telp ke customer service gak ada tanggapan.. parahhhh kecewa

    BalasHapus

About Us

Recent

Random